Social Media Analytic Pada Instagram @yourmatepics Dalam Peningkatan Komunikasi Pemasaran Bisnis Fotografi Kepada Konsumen
Social Media Analytic adalah proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi data dari aktivitas media sosial pengguna. Ini melibatkan penggunaan algoritma dan teknik analisis untuk menggali wawasan tentang tren, preferensi, dan perilaku pengguna yang dapat membantu sebuah organisasi atau individu memahami lebih baik mengenai tren, preferensi, dan perilaku penggunanya. Dengan menggunakan data dari media sosial, sebuah bisnis dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang audiens dan mengoptimalkan kampanye mereka. Penelitian ini menggunakan teori konseptual yaitu Opinion mining, Sentiment analysis, Topic modelling, Social network analysis, Trend analysis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan metode penelitian deskriptif dengan Social Media Analytic dan penggunaan tools berupa Brand24. Teknik pengumpulan data menggunakan perpaduan observasi, wawancara, analisis data dan dokumentasi dengan pihak Yourmate Pictures dan konsumen sesuai kriteria peneliti. Hasil dari penelitian ini Social Media Analytic dalam membentuk peningkatan komunikasi pemasaran sebuah bisnis fotografi kepada konsumen dilihat dari pemanfaatan Instagram Ads dan tools analitik yang peneliti gunakan melalui platform Brand24. Pemanfaatan fitur Professional Dashboard menunjukkan bahwa sejumlah karakteristik penggunaan fitur Professional Dashboard yang menjadi tinjauan dalam penerapannya. Pada fitur ini semua data interaksi yang ada pada Instagram dapat diketahui seperti Reach, Mentions dan Followers yang sudah diakumulasikan. Sedangkan, pada share of voice merupakan data untuk pengukuran setiap konten.