Strategi Komunikasi Guru Dengan Murid Berkebutuhan Khusus (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Guru Dengan Murid Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di Yayasan SLB (Sekolah Luar Biasa) Ananda Mandiri Tambun Selatan)
Peneliti ini membahas tentang Strategi Komunikasi guru dengan murid berkebutuhan khusus Tunagrahita dalam meningkatkan motivasi belajar. Yang dimana yang menjadi objek peneltiannya yaitu Guru dan murid yang berada di Yayasan SLB Ananda Mandiri. Yang dimana tujuan dari penelitian ini yaitu peneliti ingin melihat seperti apa Strategi Komunikasi yang digunakan oleh guru kepada siswa berkebutuhan khusus Tunagrahita dalam menigkatkan motivasi belajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang apa yang saat ini berlaku. Penelitian ini memiliki tujuan guna menggambarkan secara sistematis dan benar melalui fakta dan realitas yang terjadi di lapangan. Pada hasilnya peneliti bahwa dalam melakukan pembelajaran terhadap murid tunagrahita. Seorang guru harus dapat memahami karakter dari setiap anak terlebih dahulu. Setelah guru dapat melakukan evalusai untuk menentukan pembelajaran yang akan diberikan kepada murid berkebutuhan khusus. Lalu dalam menggunakan pesan yang disampaikan kepada murid berkebutuhan khusus harus menyesuaika dengan kondisi mereka. Dan juga memili media atau metode pembelaran haruslah beragam agar murid berkebutuhan khusus senang dengan kegiatan ngajar mengajar yang dilakukan disekolah.