Komunikasi Interpersonal Orang Tua Bekerja Pada Anak Dalam Menjaga Perilaku Positif (Studi Deskriptif Pada Anak Kelas 4 di MI Tarbiyatul Falah Jatiluhur Kota Bekasi)
Komunikasi Interpersonal yang terjalin dengan baik antara orang tua dan anak dapat menjadi salah satu cara atau upaya yang dapat orang tua lakukan untuk bisa menjaga dan mengarahkan perilaku positif pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh orang tuabekerja pada anak dalam menjaga perilaku positif anak kelas 4 MI Tarbiyatul Falah Jatiluhur Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan informan 4 siswa/I MI Tarbiyatul Falah Jatiluhur yang duduk di kelas 4 dengan rentang usia 9-10 tahun dan juga kedua orang tua dari 4 siswa/I tersebut yang terbagi menjadi dua jenis yaitu 2 pasang orang tua bekerja dan 2 pasang orang tua tidak bekerja. Penelitian ini juga menggunakan 1 orang informan kunci yaitu guru atau salah satu wali kelas 4 di MI Tarbiyatul Falah yang ditetapkan berdasarkan intensitas keterlibatannya dan pengetahuan yang dimiliki mengenai anak-anak kelas 4 selama di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai yakni dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak yang dilandaskan keterbukaan satu sama lain membuat komunikasi diantara keduanya menjadi baik, sehingga orang tua dapat dengan efektif menjaga dan mengarahkan perilaku positif anak melalui komunikasi yang dilakukan.