Seiring perkembangan teknologi dan komunikasi, media sosial saat ini menjadi salah satu platform yang paling dimanfaatkan oleh berbagai pihak, termasuk perusahaan dan lembaga pemerintah. Kepentingannya tidak lain adalah sebagai sarana komunikasi dan penyampaian informasi. Pengguna media sosial perlu terlibat dalam strategi pembuatan konten di media sosial yang tepat agar tujuan dari proses komunikasi dapat tersampaikan secara maksimal. Penelitian ini menggunakan konseptual yaitu indikator proses produksi konten, strategi komunikasi visual. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan perpaduan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pihak badan instansi penanggulangan bencana daerah kota bekasi dan para followers yang sesuai kriteria peneliti. Teknik keabsahan data berdasarkan sumber. Hasil penelitian ini indikator dan tahapan komunikasi visual yang memiliki lima elemen yakni target audiens, daya tarik pesan, gaya pesan, elemen visual serta pemilihan media yang tepat. Penyebaran informasi melalui pengemasan konten membuahkan hasil yang efektif karena sesuai dengan yang diterima dan dilihat oleh followers, bahwa konten yang berisikan informasi dapat dipahami dari segi isi dan konten yang disajikan merupakan konten yang bersifat relevan. Followers juga sering berkunjung ke instagram instansi karena informasi yang disajikan cukup penting bagi masyarakat seputar terkait kebencanaan.