Fenomena berkomunikasi secara anonim salah satunya tergambar dari penggunaan bot Anonymous Chat di Aplikasi Telegram yang digunakan untuk berinteraksi secara anonim. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat motif dalam diri para pengguna yang mendorong individu untuk menggunakan bot Anonymous Chat di Aplikasi Telegram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif pengguna bot Anonymous Chat di Aplikasi Telegram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode riset berbasis digital. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan lima informan dan teknik observasi partisipatif yang menggunakan bot Anonymous Chat. Hasil yang muncul dalam penelitian ini menunjukkan bahwa motif pengguna bot Anonymous Chat di Aplikasi Telegram mengacu pada Motif Penggunaan Media yang dikemukakan oleh Papacharissi & Rubin (2000) yang teridentifikasi menjadi lima motif utama. Lima motif utama dalam menggunakan media yaitu interpersonal utility, passing time, information seeking, convenience, dan entertainment. Motif pengguna bot Anonymous Chat yang paling sering muncul adalah motif passing time diikuti oleh motif convenience dan interpersonal utility. Sedangkan, motif yang jarang muncul adalah motif entertainment.