Pendidikan memiliki peran yang sangat penting untuk membekali siswa di masa depan,siswa dapat memperoleh berbagai pengetahuan. Siswa adalah seseorang yang mempunyai keinginan sadar untuk mengembangkan potensi dirinya melalui proses kegiatan belajar. Self-regulated learning (SRL) diartikan sebagai strategi belajar yang dikembangkan sendiri oleh siswa untuk mencapai tujuannya. Perbedaan gender menimbulkan perbedaan fisiologis dan mempengaruhi perbedaan psikologis dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji beda. Penelitian ini melibatkan 114 respoden siswa/i SMA X. penelitian ini menggunakan teknik non- probability sampling. Berdasarkan hasil yang diperoleh, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara self-regulated learning pada siswa/i SMA X dengan arah korelasi positif, yang memiliki arti bahwa semakin tinggi self-regulated learning siswa maka semakin tinggi strategi belajar siswa. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah self-regulated learning maka semakin rendah self-regulated learning siswa.