Kesulitan yang dialami oleh mahasiswa yang sedang mengerhakan skripsi perlu untuk diatasi dengan melakukan berbagai cara, salah satunya adalah dengan meningkatkan academic self-efficacy mahasiswa. Academic self-efficacy memiliki empat faktor, salah satunya adalah emotional intelligence. Kesulitan yang dialami oleh mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi ini dapat menyebabkan mahasiswa menjadi tidak yakin dengan skripsi yang mereka kerjakan hingga mengalami penurunan motivasi dan harapan untuk menyelesaikan skripsi sesuai dengan target yang mereka punya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari emotional intelligence terhadap academic self-efficacy mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Kota Bekasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Kota Bekasi, namun karena tidak diketahui secara pasti jumlahnya, maka peneliti mengambil jumlah sampel dengan rumus lemeshow dan didapatkan jumlah sampel sebesar 384 mahasiswa. Penentuan sampel menggunakan teknik snowball sampling. Alat ukur dalam penelitian ini terdiri dari dua skala, yaitu skala emotonal intelligence yang terdiri dari dan skala academic self-efficacy.