Pembelajaran IPS yang bertujuan untuk menjadikan siswa menjadi warga negara yang baik dan memiliki kecerdasan dalam memaksimalkan peranya di lingkungan sekolah, keluarga maupun di lingkungan masyarakat. Pembelajaran IPS diharapkan dapat menjadi jembatan pendidik untuk menyelamatkan sekaligus menjaga nilai nilai sikap disiplin siswa melalui kegiatan belajar mengajar, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan sikap disiplin, penanaman sikap disiplin melalui pembelajaran IPS dan Faktor pendukung atau penghambat penanaman sikap disiplin pada siswa kelas V SDN Satria Jaya 01 Bekasi. Jenis Penelitian ini deskriptif kualitatif adalah sebuah penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkap sebuah fakta empiris secara objektif ilmiah dengan berlandaskan pada logika keilmuan, prosedur dan didukung oleh metodologi dan teoretis yang kuat sesuai disiplin keilmuan yang ditekuni. Kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.