Peningkatan Hasil Belajar Permainan Bola Kaki dan Bola Tangan Dlam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Siswa Kelas 1 SDN Wanasari 13 Kabupaten Bekasi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa kelas I SDN Wanasari 13 Kabupaten Bekasi melalui permainan bola kaki dan bola tangan. Berdasarkan Saputra dan Rudyayo (2019) serta Sujiono (2019), motorik kasar melibatkan penggunaan otot-otot besar dan koordinasi tubuh untuk gerakan dasar seperti melempar dan menangkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan bola kaki dan bola tangan efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa, dengan peningkatan ketuntasan belajar dari 31,25% pada pratindakan menjadi 75% pada siklus II. Penelitian ini membuktikan bahwa metode pembelajaran berbasis permainan dapat memperbaiki keterampilan motorik siswa secara signifikan.