Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui lingkup kerja dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan masyarakat di Kantor Desa Mekarsari Tambun Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), wawancara, dan juga dokumentasi langsung di kantor desa Tambun Selatan. Lokasi penelitian ini bertempat di Kantor Desa Mekarsari Tambun Selatan. Analisis data dalam penelitian ini memiliki tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa bagaimana Lingkup Kerja Pelayanan Masyarakat Kantor Desa Tambun Selatan ialah terdapat pegawai yang kurangnya komunikasi dalam pelayanan dan kurangnya fasilitas mendukung dalam proses pelayanan, masih terdapat pegawai yang datang terlambat. Adapun indikator-indikator dalam pelayanan (1) Ketanggapan (2) Empati (3) Berwujud (4) Keyakinan (5) Keandalan.