Analisis komunikasi persuasif dalam Meningkatkan kesadaran kebersihan Lingkungan pada kampanye Di media sosial tik tok @pandawaragroup.PandawaraGroup adalah salah satu komunitas peduli lingkungan yang kini viral telah memberikan energi positif melalui
kampanyenya dalam media sosial untuk masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan. dan TikTok adalah salah satu platform media sosial paling populer saat ini. Selain hiburan, TikTok juga digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan positif, salah satunya kampanye kebersihan lingkungan yang dilakukan Pandawaragroup. Kebersihan lingkungan menjadi isu penting di banyak masyarakat, terutama di lingkungan sungai dan bibir pantai. Di sinilah Pandawara hadir sebagai organisasi yang peduli terhadap permasalahan kebersihan lingkungan dan konsisten berperan dalam mengurangi sampah. melalui kampanye kebersihan lingkungan di media sosial.pesan komunikasi persuasif pandawaragroup dalam menyampaikan kampanye kebersihan lingkungan melalui media sosial Tik Tok yaitu dengan isi konten pandawaragroup yang terdapat konten ajakan kepada Masyarakat. Dengan mengadakan Open recruitment Volunteer untuk menciptakan peluang bagi anggota masyarakat dari berbagai latar belakang, usia, dan keterampilan untuk terlibat secara aktif dalam aksi kebersihan.