Perubahan iklim merupakan tantangan global yang memerlukan partisipasi aktif dari berbagai pihak untuk mengurangi dampak negatifnya. Salah satu upaya mitigasi yang dapat dilakukan adalah melalui kampanye sosial melalui media sosial instagram yang meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian hutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kampanye sosial mitigasi perubahan iklim yang dilakukan oleh Hutan Itu Indonesia melalui media sosial Instagram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis isi terhadap postingan di akun Instagram @hutanituid. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi implementasi kampanye sosial yang diterapkan, serta keterkaitan kampanye sosial dengan konsep creative brief dan konsep visual pada penyampaian isi kampanye sosial mengenai pemahaman masyarakat terkait pentingnya mitigasi perubahan iklim. Hasil penelitian menggunakan analisis pada postingan dan keterkaitan pada konsep creative brief dan konsep visual menunjukkan bahwa kampanye yang dilakukan berhasil menyampaikan pesan tentang perlunya tindakan nyata mengenai perubahan iklim melalui informasi yang mudah dimengerti. Selain itu, penggunaan visual yang menarik dan pesan yang konsisten membuat kampanye dapat menarik perhatian audiens. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kampanye sosial yang lebih efektif dalam mitigasi perubahan iklim, khususnya dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana edukasi dan komunikasi.