Fenomena mudahnya perpisahan hubungan romantis pada generasi muda sering kali disebabkan oleh kurangnya pemahaman dalam memenuhi kebutuhan emosional pasangan. Media baru seperti media sosial dapat mempermudah pertemuan individu dan mempermudah perpisahan antar individu. Namun media baru seperti video game, dapat berperan penting sebagai media pembawa pesan untuk edukasi perbaikan hubungan romantis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana game It Takes Two merepresentasikan proses perbaikan hubungan romantis melalui simbol dan tanda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Analisis dilakukan menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk mengidentifikasi Denotasi, Konotasi, dan mitos pada simbol dan tanda dalam game It Takes Two. Teori semiotika Barthes menjelaskan bagaimana tanda dan simbol dapat mengandung makna yang lebih mendalam, yang dapat dipahami melalui unsur budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa It Takes Two menyampaikan pesan tentang pentingnya kolaborasi, komunikasi, dan pengorbanan dalam memperbaiki hubungan romantis. Sepuluh cutscene dalam sesi Dr. Hakim Couples Therapy di game It Takes Two menggambarkan proses perbaikan hubungan yang mencakup introspeksi, pemulihan, dan kesadaran diri.