Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses perumusan strategi komunikasi PT Fajar Surya Wisesa. Tbk kepada Komunitas REHAB Kali Cikarang dalam menangani isu pencemaran Kali Cikarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah perumusan strategi komunikasi PT Fajar Surya Wisesa Tbk. meliputi pengenalan dengan khalayak yang dituju yaitu Komunitas REHAB Kali Cikarang, lalu menyampaikan pesan yaitu bahwa PT Fajar Surya Wisesa Tbk. berkomitmen akan konsep ESG 4 Plus yang dijalaninya dan tidak melakukan pencemaran lingkungan di Kali Cikarang. Pesan disampaikan dengan menggunakan teknik redudansi dan teknik persuasif dimana PT Fajar Surya Wisesa menyampaikan pesan secara langsung serta tidak langsung setiap bulan serta mengajak Komunitas REHAB Kali Cikarang berkolaborasi dalam melaksanakan kegiatan lingkungan melalui program CSR. Penggunaan media, yaitu Program CSR merupakan elemen yang paling berdampak bagi kesuksesan strategi komunikasi yang dijalankan.