Perpustakaan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Daftar Katalog Skripsi, Tesis dan LKKP

Analisis Komunikasi Instruksional antara Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 9 Tambun Selatan

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi instruksional antara guru dan siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 9 Tambun Selatan. Dengan menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi instruksional melibatkan tiga tahapan utama: persiapan, penyampaian, dan penilaian. Guru berperan sebagai komunikator utama yang merancang isi dan tujuan pembelajaran, menggunakan berbagai metode seperti diskusi, ceramah, dan pemanfaatan media teknologi seperti PowerPoint dan platform daring. Hambatan komunikasi instruksional ditemukan pada aspek sumber (guru), saluran (media), dan komunikan (siswa). Hambatan tersebut meliputi penjelasan yang terlalu cepat, keterbatasan fasilitas, dan kondisi fisik atau psikologis siswa. Untuk mengatasi hambatan ini, guru mengadopsi pendekatan adaptif seperti menciptakan media pembelajaran interaktif, memberikan kebebasan gaya belajar, serta melakukan pendekatan personal kepada siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya fleksibilitas, kreativitas, dan keterlibatan aktif siswa dalam meningkatkan kualitas komunikasi instruksional, yang pada akhirnya mendukung keberhasilan pembelajaran.
Ketersediaan
S10706FIK 0112 2025BekasiTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

FIK 0112 2025

Penerbit

Ilmu Komunikasi : .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

-

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

102 hlm

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.