Sistem Pemberi Pakan Kucing Otomatis Berbasis IoT (Internet of Things) Menggunakan Platform Node Red Dan K-Nearest Neighbor (KNN) pada Rumah Singgah Kucing Jalanan Bekasi
Kucing adalah hewan karnivora yang lucu dan dekat dengan manusia. Memberi makan kucing dalam jumlah besar maupun kecil bisa menjadi tantangan, terutama dalam menjaga ketepatan waktu. Salah satu tempat penampungan kucing di Bekasi adalah Rumah Singgah Kucing Jalanan Bekasi, yang menampung sekitar 300 ekor kucing dengan berbagai kondisi seperti lumpuh dan cacat. Untuk mempermudah pemberian pakan, diterapkan sistem otomatis berbasis mikrokontroler dengan kombinasi sensor, termasuk load cell (sensor berat), motor servo, dan real-time clock (RTC). Arduino dan NodeMCU ESP8266 berperan sebagai pengendali utama, sementara algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) digunakan untuk menentukan porsi pakan berdasarkan data sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu mengotomatisasi pemberian pakan secara lebih terjadwal dan mengurangi ketergantungan pada metode manual. Pengujian algoritma KNN menunjukkan akurasi sebesar 80%, dengan efisiensi sistem mencapai 80% dalam menentukan porsi makan selanjutnya.