Penelitian ini membahas perancangan dan implementasi sistem informasi penjualan berbasis web untuk UKM Yoona Florist yang menjual berbagai jenis bucket. Salah satu fokus utama penelitian ini adalah penerapan algoritma User- Based Collaborative Filtering untuk memberikan rekomendasi produk yang personal kepada pelanggan. Algoritma ini memanfaatkan data preferensi dan riwayat pembelian pelanggan untuk mengidentifikasi pelanggan dengan minat serupa dan memberikan rekomendasi yang relevan. Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah sistem penjualan Yoona Florist yang masih manual, menyebabkan kesulitan dalam memberikan informasi produk secara real-time, pencatatan penjualan yang kurang efisien, dan risiko kehilangan data. Sistem informasi yang dirancang diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan menyediakan informasi produk yang akurat, otomatisasi pencatatan penjualan, dan penyimpanan data yang terpusat. Penelitian ini menggunakan algoritma user-based collaborative filtering untuk menentukan suatu rekomendasi pada sebuah produk atau barang. Hasil penelitian berupa penentuan sebuah rekomendasi pada sebuah produk atau barang yang telah dihitung dalam penentuan kemiripann dalam sebuah barang.