Perpustakaan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Daftar Katalog Skripsi, Tesis dan LKKP

Persaingan Usaha Terhadap Praktik Predatory Pricing Dalam E-Commerce

No image available for this title
Persaingan usaha terhadap praktik jual rugi atau predatory princing dalam e- commerce ditinjau dari pasal 20 UU no. 5 tahun 1999 tentang larangan praktik monopoli dan persaingan tidak sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode promosi flash sale dan live streaming dalam e-commerce di Indonesia, dengan fokus pada dampaknya terhadap pelaku usaha dan konsumen. Dalam konteks ini, Shopee dan Tiktok Shop sebagai salah satu platform e- commerce terkemuka berperan penting dalam memfasilitasi pelaku usaha untuk melakukan promosi dengan harga yang sangat kompetitif. Contoh nyata dari praktik ini dapat dilihat pada produk perawatan wajah yang dijual oleh merek The Originote dan Youbuy, dan Maybelline yang menawarkan diskon signifikan dari harga asli, sehingga menarik perhatian konsumen. Namun, praktik ini juga menimbulkan pertanyaan mengenai kemungkinan terjadinya praktik jual rugi, yang dapat merugikan pesaing dan menciptakan ketidakadilan dalam persaingan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penegakan hukum terhadap tindakan pelaku usaha dalam upaya praktik jual rugi terhadap konsumen e-commerce ditinjau pasal 20 Undang-undang No. 5 tahun 1999 dan untuk mengetahui perlindungan hukum kepada konsumen pengguna e-commerce dalam tindakan predatory pricing ditinjau pasal 4 dan 7 Undang-undang No. 8 tahun 1999. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif dengan pendekatan yuridis, konseptual, serta pendekatan kasus. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan yang melibatkan berbagai sumber hukum, termasuk undang-undang, buku, jurnal, dan pendapat ahli. Analisis dilakukan dengan menguraikan teori kepastian hukum, perlindungan hukum, dan teori perjanjian, serta mengkaji norma hukum yang berlaku das sollen dan praktik yang terjadi di lapangan das sein. Penelitian ini mengkaji regulasi yang ada, termasuk peran Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam mengawasi praktik-praktik ini, serta upaya perlindungan konsumen bagi konsumen pengguna e-commerce dalam menghadapi tindakan predatory pricing yang dilakukan oleh lembaga terkait. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai dinamika pasar e-commerce dan implikasinya terhadap hukum persaingan usaha di Indonesia.
Ketersediaan
S10855FH 0060 2025BekasiTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

FH 0060 2025

Penerbit

Manajemen : .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

-

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

130 hlm

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.