Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat self-esteem mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dalam mengerjakan skripsi. Self-esteem merupakan penilaian individu terhadap dirinya sendiri, baik secara positif maupun negatif, yang memengaruhi bagaimana mereka menghadapi tantangan akademik, termasuk penyusunan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki tingkat self-esteem dalam kategori sedang, dengan sebagian kecil mahasiswa berada pada kategori tinggi maupun rendah. Tidak ditemukan perbedaan signifikan dalam tingkat self-esteem berdasarkan jenis kelamin. Faktor-faktor seperti dukungan sosial dari teman dan dosen pembimbing berperan penting dalam meningkatkan self-esteem mahasiswa selama penyusunan skripsi. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya self-esteem dalam keberhasilan akademik mahasiswa serta implikasi bagi pengembangan program dukungan akademik di perguruan tinggi.