Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri terhadap stress akademik pada siswa kelas XI. Sebanyak 207 responden yang merupakan siswa kelas XI dilibatkan dalam penelitian ini. Responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling, responden dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan instrumen skala efikasi diri yang diadaptasi dari Bandura, instrumen skala stres akademik yang diadaptasi dari Gadzella. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik korelasi statistika non-parametrik dari Spearman. Hasilnya menunjukkan terdapat hubungan positif antara efikasi diri dengan stres akademik. Semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi juga stres akademik pada siswa. Berdasarkan hasil hipotesis regresi bahwa efikasi diri mempengaruhi stres akademik secara dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.547 dengan taraf signifikansi (p) sebesar 0,009. Hal ini menunjukan hasil signifikansi (p) < 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan, tersebut maka dapat dikatakan bahwa (Ha) diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada siswa SMAN 1 Cibitung.