Perpustakaan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Daftar Katalog Skripsi, Tesis dan LKKP

Pengembangan Decodable Book Berbasis Human Security Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Dini Dalam Konteks Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar

No image available for this title
Riset ini adalah salah satu bentuk dukungan nyata dalam mendukung penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila dan program penguatan literasi dini yang menjadi salah satu fokus Pemerintah Indonesia saat ini. Oleh karena itu, riset ini bertujuan untuk memberikan gambaran analisis, gambaran proses dan mengetahui efektivitas pengembangan buku ramah cerna dalam upaya meningkatkan karakter Profil Pelajar Pancasila pada siswa SD. Riset ini menggunakan riset Research and Development (R&D) dengan melibatkan subjek riset tiga guru dan 30 siswa kelas I di SDN Babelan Kota 09 yang dipilih secara purposive dengan rasionalisasi minat baca sebagian besar siswa masih kurang, mengingat sekolah tersebut belum memiliki perpustakaan yang representatif dan ketersediaan koleksi buku ramah cerna untuk siswa masih belum tersedia. Model pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan R&D ADDIE modifikasi dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (Branch, 2009). Hasil riset menunujukan bahwa pengembangan buku ramah cerna dikategorikan sangat layak berdasarkan penilaian validator ahli dengan rata-rata persentase 88% pada setiap aspeknya yaitu: materi, bentuk, jenis dan ukuran buku, kosakata, struktur bahasa, gambar, serta panjang dan format. Di samping itu, pada proses implementasi setiap guru merasa terbantu dengan kehadiran buku ini dan tepat diajarkan pada metode lokakarya membaca di SD. Pada tahap evaluasi yang diperoleh melalui hasil kuesioner yang diisi oleh 30 siswa dan 3 guru menunjukan nilai yang sangat layak dari guru dengan persentase 88,75% dan layak dari siswa dengan persentase 77% untuk setiap aspeknya, yakni: kualitas buku, tampilan, penyampaian cerita, dan manfaat. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa buku ramah cerna yang telah dikembangkan dianggap merepresentasikan kebutuhan peseta didik kategori pembaca awal.
Ketersediaan
S10907PGS 0001 2025BekasiTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

PGS 0001 2025

Penerbit

Pendidikan Guru Sekolah Dasar : .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

-

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

157 hlm

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.