Permasalahan yang ada pada siswa kelas I di SDN Mustikajaya IV terdapat anak yang belum lancar membaca, padahal seharusnya siswa kelas I sudah mengenal huruf, membaca huruf. Sebelumnya dalam pembelajaran menggunakan media flashcard (media yang tidak berwarna), secara visualisasi mempengaruhi pemahaman siswa maka dilakukanlah penelitian ini melakukan eksperimen dengan menggunakan media flashcard yang sama akan tetapi jauh lebih berwarna. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian untuk mengetahui pengaruh media flashcard terhadap hasil belajar kemampuan membaca pada siswa kelas I di SDN Mustikajaya IV. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment design), dengan tujuan untuk mengungkapkan pengaruh sekaligus perbedaan antara dua sampel yang berbeda. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak diacak. Kelompok eksperimen berjumlah 30 orang dan kelompok kontrol juga sebanyak 30 orang. Hasil dari penelitian ini, penggunaan media flashcard berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I, pengaruh yang diperoleh merupakan dampak positif penerapan media flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I. Hal ini terlihat dari hasil uji sampel berpasangan, Uji Sig (2 tailed) menunjukkan probabilitas sebesar 0,000 yang berarti Ha diterima. Oleh karena itu penggunaan media flashcard mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I.