Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya disiplin dalam pendidikan yang mempunyai peranan penting dalam pembentukan peserta didik yang dapat mempengaruhi perkembangan sikap sosial dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif. Studi kasus adalah penelitian yang penelitinya mengeksplorasi suatu fenomena tertentu dalam waktu dan kegiatan tertentu, serta mengumpulkan informasi secara rinci dan terperinci dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data selama periode tertentu. Dimana data yang diperoleh berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga langkah yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat tingkat kedisiplinan siswa, yaitu faktor internal termasuk kepribadian siswa dan faktor eksternal termasuk pengaruh lingkungan keluarga. Selain itu penelitian ini menjelaskan cara mengatasi faktor penghambat disiplin siswa yaitu penanaman karakter disiplin yang dilakukan seperti pembelajaran terstruktur, kegiatan ekstrakurikuler, pembiasaan, evaluasi, pemberian penghargaan, penyuluhan dan kerjasama dengan orang tua.