Riset ini adalah salah satu bentuk dukungan nyata dalam mendukung upaya peningkatan literasi Budaya Sunda pada peserta didik SD. Oleh karena itu, riset ini bertujuan untuk memberikan gambaran analisis, gambaran proses dan mengetahui efektivitas pengembangan buku ramah cerna dalam upaya meningkatkan literasi Budaya Sunda pada peserta didik SD. Riset ini menggunakan riset Research and Development (R&D) dengan melibatkan subjek riset tiga guru dan 90 siswa kelas 4 di SDN Perwira 01 Kota bekasi yang dipilih secara purposive dengan rasionalisasi bahwa SD tersebut sangat representatif secara geografis berada di antara dua provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta sehingga berimplikasi terhadap budaya Betawi lebih dikenali dari pada budaya Sunda. Model pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan R&D ADDIE modifikasi dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (Branch, 2009). Hasil riset menunjukkan bahwa pengembangan Buku ramah cerna dinilai sangat layak oleh validator ahli dengan rata-rata persentase 88,1% pada setiap aspeknya, meliputi: materi, bentuk, jenis dan ukuran buku, kosakata, struktur bahasa, gambar, serta panjang dan format. Lebih lanjut, dalam proses implementasi, para guru merasa sangat terbantu dengan adanya buku ini dan dinilai tepat untuk digunakan dalam metode lokakarya membaca di SD. Hasil evaluasi melalui kuesioner yang diisi oleh 90 siswa dan 3 guru menunjukkan nilai yang sangat layak dari guru dengan persentase 87,5% dan layak dari siswa dengan persentase 80,75% untuk setiap aspeknya, yaitu: kualitas buku, tampilan, penyampaian cerita, dan manfaat. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku ramah cerna yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang baru mulai belajar membaca.