Kajian tentang metode pembelajaran yang diselenggarakan di kelas menjadi kajian yang penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekaligus meningkatkan keterampilan sosial siswa dan keterampilan mengajar guru. Banyak kasus lemahnya hasil belajar siswa dan kurangnya daya serap peserta didik bersumber dari pemilihan strategi dan metode yang tepat saat guru menyampaikan materi pembelajaran di kelas. Berdasarkan temuan De Porter, Quantum Learning merupakan seperangkat metode dan filsafah belajar yang telah terbukti efektif di sekolah dan bisnis bekerja, untuk semua tipe orang dan segala usia. Untuk mengetahui keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Babelan Kota 02. Peneletian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang belum menyesuaikan diri dengan teman dan lingkungannya dan masih ada siswa yang belum percaya diri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Babelan Kota 02, sedangkan objeknya adalah keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Babelan Kota 02. Informan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.