Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sarana dan prasarana dalam sekolah ramah anak di SDN Bekasi Jaya I Kota Bekasi serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pemenuhan dan pemanfaatan sarana dan prasarana di implementasi sarana dan prasarana dalam sekolah ramah anak di SDN Bekasi Jaya I Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sumber data dalam penelitian didapatkan dari data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pemanfaatan sarana prasarana sekolah ramah anak dalam menunjang pembelajaran di SDN Bekasi Jaya I yaitu dengan memanfaatkan ruang kelas dengan ditata sebaik mungkin agar pembelajaran menjadi menyenangkan, (2) pemanfaatan ruang perpustakaan sebagai sumber belajar juga dimanfaatkan dengan cara meminjamkan buku kepada siswa sesuai dengan kebutuhannya lalu didata dan dikembalikan dengan batas waktu tertentu. (3) pemanfaatan ruang uks sebagai tempat pertolongan pertama bagi siswa ialah dengan membawa mereka ke ruang uks lalu diberi obat. Sedangkan Faktor pendukung sarana dan prasarana ialah kerjasama dengan pihak lain baik itu pihak internal maupun eksternal sedangkan faktor penghambat pemenuhan dan pemanfaatan sarana prasarana ialah kurangnya dukungan oleh orangtua siswa dan keterbatasan sumber daya manusia.