Perpustakaan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Daftar Katalog Skripsi, Tesis dan LKKP

Peningkatan Hasil Belajar Gerak Lokomotor dengan Pendekatan Bermain Siswa Sekolah Dasar Kelas 1 SD Tahfidz Griya Qurany

No image available for this title
Peneliti bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak lokomotor (jalan, lari, lompat) siswa kelas I SD Tahfidz Griya Qurany Kabupaten Bekasi, dengan menggunakan pendekatan bermain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian tindakan menggunakan siklus, dimana setiap siklus mempunyai langkah–langkah yang sistematis yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hal ini terindikasi dari hasil rekap belajar siswa dari 24 anak terdapat 23 anak telah Tuntas dengan rincian 23 anak dengan nilai 9-12 dan 1 anak dengan nilai 5-8. Masih terdapat 1 anak Belum Tuntas yang dikarenakan beberapa faktor yaitu kegemukan, penampilan sehari hari yang kurang lincah, faktor kesehatan dan juga faktor kelelahan. Ketuntasan klasikal 24 anak (95,83%) dan nilai rata rata kelas 11,38. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I pada pertemuan pertama yang mencapai 33,33% meningkat menjadi 41,67% pada pertemuan kedua. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama yang mencapai 50% menjadi 95,83% pada pertemuan kedua Pembelajaran gerak lokomotor melalui metode bermain juga dapat menambah pengalaman baru bagi siswa, karena selama ini pembelajaran yang dilakukan masih monoton dengan mengandalkan teknik teknik lari. Sehingga metode bermain sangat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tindak kelass yang telah dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: 1. Penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan gerak lokomotor siswa. 2. Data ketuntasan pembelajaran gerak lokomotor pada siklus I pertemuan pertama mencapai 33,33% dan pada pertemuan kedua mencapai 41,67%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama mencapai 50% dan pada pertemuan kedua mencapai 95,83%. 3. Penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak lokomotor pada siswa kelas I SD Tahfidz Griya Qurany tahun pelajaran 2024/2025.
Ketersediaan
S10925PKO 0005 2025BekasiTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

PKO 0005 2025

Penerbit

Pendidikan Kepelatihan Olahraga : .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

-

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

94 hlm

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.