Pengaruh Return on Equity dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham dengan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh return on equity dan net profit margin terhadap harga saham dengan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor consumer non- cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data diambil dari laporan tahunan, laporan keuangan, dan laporan berkelanjutan perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang terdaftar di BEI periode 2019-2023 yung diperoleh dari situs web Bursa Efek Indonesia (idx.co.id) dan website perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yakni memilih sampel berdasarkan kriteria spesifik yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Return on Equity tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham dalam hasil uji hipotesis tanpa transformasi, sedangkan Return on Equity berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham dalam hasil uji hipotesis dengan transformasi data. 2) Net Profit Margin tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham dalam hasil uji hipotesis tanpa transformasi, sedangkan Net Profit Margin berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham dalam hasil uji hipotesis dengan transformasi data. 3) pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh Return on Equity terhadap harga saham baik dari hasil uji hipotesis tanpa transformasi maupun hasil uji hipotesis dengan transformasi data. 4) Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh Net Profit Margin terhadap harga saham baik dari hasil uji hipotesis biasa maupun hasil uji hipotesis dengan transformasi data.