Pengaruh Kepuasan pada Berita Online Terhadap Minat Berbagi Berita Online di Media Sosial Facebook (Analisis Survei pada Komunitas Motor Nmax di Jakarta)
Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepuasan Pada Berita Online Terhadap Minat Berbagi Berita Online Di Media Sosial Facebook. Hal ini mengingat begitu masifnya penyebaran berita hoax di tengah-tengah masyarakat yang dapat menimbulkan keresahan. Ketika khalayak online merasa puas dengan informasi berita dan layak untuk diketahui orang lain, maka khalayak online akan berbagi berita kepada pihak lain. Adapun metodologi penelitian yang digunakan metode survei dan jenis penelitian eksplanatif. Data kuesioner yang dianalisis secara kuantitatif sebanyak 98 responden. Pengujian hipotesis menggunakan rumus regresi linear sederhana, untuk menganalisis setiap dimensi dari kepuasan berita online yakni information seeking, socializing, entertainment, status seekingterhadap minat berbagi berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi information seeking, socializing, entertainment, status seeking dari variabel Kepuasan pada berita online secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap minat berbagi berita online di media sosial Facebook. Socializing merupakan faktor yang paling kuat didalam mempengaruhi minat berbagi berita online di media sosial Facebook. Hal ini dikarenakan khalayak online berbagi berita kepada pihak lain sesama komunitas Motor Nmax di Jakarta sebagai bentuk menjaga hubungan baik dalam pertemanan supaya semakin mempererat jalinan pertemanan. Kesimpulan penelitian kepuasan pada berita online berpengaruh kuat dan signifikan terhadap minat berbagi berita online di media sosial Facebook, yang artinya semakin khalayak merasakan kepuasan pada berita online makan akan semakin meningkat