Indonesian Heritage Agency (IHA) merupakan Badan Layanan Umum di bawah naungan Kementerian Kebudayaan yang mengelola, melestarikan, dan merevitalisasi museum serta cagar budaya nasional. Salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan oleh IHA adalah melalui akun Instagram @indonesianheritageagency yang menyajikan konten yang edukatif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh konten Instagram @indonesianheritageagency terhadap minat eksploratif followers tentang museum dan cagar budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Data diperoleh dari responden yaitu followers akun Instagram @indonesianheritageagency sebanyak 99 followers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Instagram @indonesianheritageagency memiliki pengaruh signifikan terhadap minat eksploratif followers, dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 52,1%. Uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung 10,266 > t tabel 1,984 dengan signifikansi 0,000 yang berarti konten Instagram berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat eksploratif followers.