Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman mahasiswa dalam mencari informasi mengenai perangkat teknologi terbaru melalui media sosial YouTube. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologi, penelitian ini menggali makna subjektif dari pengalaman mahasiswa dalam proses pencarian informasi sebelum melakukan pembelian perangkat teknologi seperti smartphone, laptop, atau smartwatch. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang aktif menggunakan YouTube sebagai referensi utama untuk menelusuri ulasan produk, membandingkan spesifikasi, serta membangun kepercayaan terhadap content creator yang dianggap kredibel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa melakukan proses pencarian informasi secara aktif dan strategis dengan berdasarkan dari teori perilaku pencarian informasi yang dikemukakan oleh David Ellis dimulai dari identifikasi kebutuhan (starting), eksplorasi berbagai sumber (browsing dan chaining), penyaringan informasi (differentiating dan verifying), hingga pengambilan keputusan (ending). Fitur-fitur affordance media sosial YouTube seperti visibility, persistence, editability, dan association berperan penting dalam mendukung perilaku pencarian informasi ini.. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa YouTube telah menjadi ruang fenomenologis di mana mahasiswa memaknai informasi teknologi secara personal dan kolektif, serta membentuk keputusan pembelian yang lebih terinformasi.