Interaksi Public Influencer dan Followers Melalui Kolom Komentar Dalam Mengembangkan Konten Edukasi Public Speaking (Studi Pada Kolom Komentar di Akun @daffaspeak)
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana interaksi antara public influencer dan followers melalui kolom komentar dalam mengembangkan konten edukasi public speaking di platform TikTok, dengan fokus pada akun @daffaspeak. Akun ini dikenal aktif membagikan konten-konten edukasi seputar public speaking. Penelitian ini menggunakan konsep interaksi digital menurut Bingham & conner (2010), pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam terhadap informan terpilih, dan dokumentasi komentar dari pengguna TikTok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi dua arah yang terjalin antara daffaspeak dan followers melalui kolom komentar tidak hanya menjadi wadah untuk berkomunikasi tetapi menjadi ruang keterlibatan satu sama lain, Di mana proses itu terjadi ketika followers aktif menyampaikan pertanyaan dan masukan melaui komentar, kemudian direspons oleh daffaspeak sebagai public influencer melalui konten dalam bentuk video edukasi. Temuan ini menggambarkan bahwa media sosial seperti TikTok dapat dimanfaatkan secara efektif sebagai media pembelajaran berbasis interaksi digital yang berkelanjutan, serta mampu meningkatkan literasi public speaking.