Perpustakaan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Daftar Katalog Skripsi, Tesis dan LKKP

Strategi Komunikasi Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IV di SDN Harapan Mulya 2

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi guru dalam memotivasi belajar siswa kelas IV di SDN Harapan Mulya 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi komunikasi yang mencakup empat tahap, yaitu 1) perencanaan komunikasi, 2) pelaksanaan, 3) penyesuaian pesan, serta 4) evaluasi dan pengendalian pesan. Strategi komunikasi tersebut diwujudkan dalam dua bentuk utama, yaitu komunikasi verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal dilakukan melalui penyampaian materi yang jelas, pemberian motivasi, instruksi, dan pujian secara lisan. Sementara itu, komunikasi nonverbal dilakukan melalui ekspresi wajah yang ramah, kontak mata, dan gestur tubuh yang mendukung. Penerapan strategi ini mampu menciptakan interaksi yang positif antara guru dan siswa serta menumbuhkan motivasi belajar, baik motivasi intrinsik maupun ekstrinsik. Siswa menjadi lebih percaya diri, aktif, dan menunjukkan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, komunikasi yang efektif antara guru dan siswa terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar dan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif.
Ketersediaan
S11323FIK 0219 2025BekasiTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

FIK 0219 2025

Penerbit

Ilmu Komunikasi : .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

-

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

68 hlm

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.