Keterampilan public speaking menjadi suatu hal yang paling ditakuti orang banyak orang, penyebabnya karena gugup tampil di depan umum, dan takut salah berbicara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran public speaking secara verbal dan nonverbal di media sosial Instagram @ongkyhojanto. Komunikasi pembelajaran terdapat empat teknik, yaitu verbal, nonverbal, visual, dan written. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode deksriptif. Teknik pengumpulan data peneliti dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini peneliti menemukan suatu ciri khas pembelajaran public speaking secara verbal dan nonverbal dimedia sosial Instagram @ongkyhojanto, terletak pada konsep pembelajarannya. Jika pada akun Instagram @ongkyhojanto memiliki konsep pembelajaran dengan studi kasus. Studi kasus secara verbal maupun nonverbal ini bertujuan untuk memotivasi audiens agar mampu berkomunikasi dengan baik, meminimalisir kesalahan saat berbicara, menyampaikan informasi secara jelas, dan meyakinkan audiens untuk mengubah sikap atau pandangan audiens. Akun Instagram @ongkyhojanto memanfaatkan fitur-fitur Instagram sebagai interaksi komunikasi digital dengan followers melalui video reels, foto atau gambar, live, stories, dan komentar.