Perpustakaan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Daftar Katalog Skripsi, Tesis dan LKKP

Pola Komunikasi Pengasuhan Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Asuh di Yayasan An-Nuur Cibitung Kabupaten Bekasi

No image available for this title
Penelitian ini mengenai pola komunikasi yang dilakukan pengasuh dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak asuh di Yayasan An-Nuur Cibitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi pengasuhan yang dilakukan pengasuh dan anak asuh dalam membangun kepercayaan diri di Yayasan An-Nuur. Penelitian ini menggunakan teori Penetrasi Sosial yang dikemukakan oleh Irwin Altman dan Dalmas Taylor (1973) untuk menggambarkan bagaimana kedekatan hubungan antara pengasuh dan anak asuh berkembang secara bertahap. Kemudian dikaji lebih mendalam lagi melalui pendekatan Humanistik (De Vito, 1972) di mana menekankan pada hubungan interpersonal yang mempengaruhi perubahan sikap anak asuh, melalui aspek keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi terjadi melalui serangkaian tahapan hubungan dan pendekatan yang pengasuh lakukan dalam membangun kepercayaan diri anak asuh. Tahapan hubungan terjadi dalam bentuk pengungkapan diri anak asuh, seperti reaksi timbal balik, pemberian motivasi, jaminan fasilitas, dan akses pendidikan. Pendekatan yang dilakukan pengasuh mengedepankan pada aspek keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Kesimpulan merujuk pada pola komunikasi yang pengasuh bangun melalui serangkaian tahapan hubungan dan pendekatan untuk membangun kepercayaan diri anak asuh di Yayasan An-Nuur terjadi secara dua arah dan multi arah. Saran yang dapat diberikan untuk Yayasan An-Nuur agar pengasuh juga melakukan pendekatan dengan mengedepankan sikap bertanggung jawab dan pemikiran rasional kepada anak asuh, karena kepercayaan diri bukan hanya sekedar perasaan emosional melainkan juga bentuk pengalaman dan pembelajaran yang terstruktur mengingat setiap anak memiliki kemampuannya masing-masing dan kesempatan yang sama untuk menunjukan kepercayaan diri mereka.
Ketersediaan
S11413FIK 0309 2025BekasiTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

FIK 0309 2025

Penerbit

Ilmu Komunikasi : .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

-

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

71 hlm

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.