Rendahnya keterampilan berbicara siswa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya siswa merasa takut akan membuat kesalahan dalam berbicara, selain itu model dan metode pembelajaran yang digunakan sering berpusat pada guru (teacher centered). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode adlibbing berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berbicara siswa sekolah dasar, khususnya kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kantitatif. Pengambilan sampel dilakukan teknik purposive sampling. Dalam memperoleh data, peneliti melakukan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berbicara siswa yang menggunakan metode adlibbing berbantuan media audio visual dengan siswa yang tidak menggunakannya. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Independent Samples T-Test melalui program SPSS versi 25 for Windows, diperoleh nilai signifikansi (Sig.2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode adlibbing berbantuan media audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar.