Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan media Kokami terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian eskperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design, Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest posttest control group design yaitu suatu teknik dua kelompok yang dipilih secara random yang selanjutnya diberi pretes untuk mengetahui perbedaan antara kelompok kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan observasi, dokumentasi dan tes. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah metode konvensional yaitu metode ceramah dan model TGT. Hasil penelitian ini menyatakan menyatakan bahwa: (1) Model TGT berbantuan media Kokami berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi kelas V dalam pembelajaran di SDN Jayabakti 03. (2) Penggunaan model TGT berbantuan media Kokami memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.