Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Cerita Anak Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita anak melalui penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas V SD Negeri Duren Jaya XII. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam aktivitas pembelajaran dan nilai siswa. Aktivitas guru meningkat dari 63% pada pertemuan pertama siklus I menjadi 100% pada pertemuan kedua siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 56% menjadi 94%. Nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan dari 63,94 (kondisi awal) menjadi 68,61 pada siklus I dan 77,80 pada siklus II. Persentase ketuntasan siswa naik dari 55% menjadi 88%. Temuan ini membuktikan bahwa metode CIRC efektif dalam meningkatkan keterlibatan aktif siswa dan pemahaman terhadap isi bacaan serta sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita anak di sekolah dasar.