Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V A SDN Perwira IV Kota Bekasi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya motivasi belajar siswa yang terlihat dari kurangnya partisipasi aktif, rendahnya konsentrasi saat pembelajaran, serta minimnya antusiasme siswa terhadap mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan beberapa strategi pembelajaran, seperti diskusi kelompok, pemberian penghargaan, penggunaan media pembelajaran yang bervariasi, serta pendekatan individual terhadap siswa. Strategi ini mampu meningkatkan perhatian, partisipasi, dan minat belajar siswa secara signifikan. Penelitian juga menemukan bahwa guru menyesuaikan metode pengajaran dengan gaya belajar siswa (visual, auditorial, dan kinestetik), serta menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan melalui kegiatan yang kontekstual dan kolaboratif. Bukti peningkatan motivasi belajar tampak dari meningkatnya semangat siswa dalam berdiskusi, bertanya, dan menyelesaikan tugas selama pembelajaran IPAS berlangsung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat dan responsif terhadap kebutuhan siswa dapat meningkatkan motivasi belajar, serta mendukung keberhasilan proses pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi guru dalam merancang strategi pengajaran yang efektif, serta menekankan pentingnya peran guru dalam membangun lingkungan belajar yang kondusif dan inspiratif.