Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah materi bangun ruang siswa sekolah dasar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Perwira IV Kota Bekasi. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling, dengan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model Discovery Learning, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes (pretest dan posttest) serta lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (sig. > 0,05), uji homogenitas menunjukkan data homogen (sig. 0,764 > 0,05), dan hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan (sig. 0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bangun ruang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SDN Perwira IV Kota Bekasi.