Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku ramah cerna terhadap kemampuan literasi dini siswa kelas I di SDN Duren Jaya XII Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain quasi-experiment. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas I.A berjumlah 40 orang dan kelas I.B berjumlah 39 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen sebesar 99,06 dan standar deviasi sebesar 2,27, sedangkan rata-rata hasil post-test kelas kontrol sebesar 94,00 dan standar deviasi sebesar 7,77. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan literasi siswa antara yang menggunakan buku ramah cerna dengan yang menggunakan buku bacaan biasa. Pada penelitian ini data tidak berdistribusi normal, maka pendekatan non-parametrik lebih tepat digunakan. Salah satunya uji Mann-Whitney yang memperoleh nilai asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. Pada analisis data gain juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi pada kelas eksperimen (13,87) dibandingkan kelas kontrol (6,80). Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan buku ramah cerna lebih baik dibandingkan dengan buku tanpa intervensi khusus untuk meningkatkan literasi dini siswa. Dalam uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Maka disimpulkan Maka terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan buku ramah cerna terhadap kemampuan literasi dini siswa kelas I di SDN Duren Jaya XII Kota Bekasi.