Perpustakaan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Daftar Katalog Skripsi, Tesis dan LKKP

Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN Bekasi Jaya 1

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas II di SDN Bekasi Jaya 1. Menurut Hariyanto. A, (2020), membaca merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa tulis yang mengimplikasikan banyak hal, tidak hanya mengekspresikan tulisan, namun juga melibatkan aktivitas visual, serta berpikir yang bersifat reseptif. Hal tersebut karena, melalui membaca seseorang akan mendapat informasi, ilmu pengetahuan, serta pengalaman yang baru. Proses visual di dalam membaca pada dasarnya ialah menafsirkan simbol tulis (huruf) ke dalam kata-kata lisan. Membaca permulaan merupakan tahapan awal dalam penguasaan literasi, yang sangat penting bagi perkembangan akademik siswa di jenjang selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 10 siswa dari 26 siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan dalam mengenali huruf, membaca suku kata, serta membaca kata tidak bermakna, membaca terbata-bata. Penelitian ini menggunakan asesmen egra untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan membaca permulan. Terdapat lima aspek yang dinilai yaitu : Membaca nama huruf, membaca suku kata, membaca kata tidak bermakna, membaca kata bermakna, kelancaran memaca. Faktor-faktor penyebab kesulitan membaca meliputi kurangnya stimulasi membaca di rumah, metode pembelajaran yang belum bervariasi, serta kurangnya perhatian individual dari guru. Selain itu, aspek psikologis seperti kurang percaya diri dan motivasi belajar yang rendah juga berperan dalam munculnya hambatan membaca. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dan orang tua dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan suportif, guna meningkatkan kemampuan membaca siswa sejak dini.
Ketersediaan
S11445PGS 0028 2025BekasiTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

PGS 0028 2025

Penerbit

Pendidikan Guru Sekolah Dasar : .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

-

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

67 hlm

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.