Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan kemampuan siswa dalam menulis puisi akibat pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurang memberi ruang eksplorasi kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek satu guru dan 39 siswa kelas IV SDN Kota Baru IX. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk menggambarkan proses serta hasil pembelajaran. Pembelajaran dirancang dalam bentuk proyek pembuatan antologi puisi, di mana siswa terlibat aktif dalam pemilihan tema, penyusunan draft, revisi, hingga finalisasi karya. Guru bertindak sebagai fasilitator dan pemberi umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 58 (prasiklus), menjadi 73 (siklus I), dan 80 (siklus II). Ketuntasan belajar meningkat dari 15% menjadi 46% pada siklus I, dan 82% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa model Project Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi dan mendorong keterlibatan aktif serta kreativitas siswa. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu, ketimpangan kerja kelompok, dan kebutuhan akan media pendukung yang memadai.