Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V di SDN Sriamur 01 Kabupaten Bekasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis PowerPoint terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SDN Sriamur 01 Kabupaten Bekasi. Media pembelajaran memegang peran penting dalam mendukung pemahaman siswa, dan PowerPoint interaktif menjadi salah satu alternatif yang menarik karena menyajikan materi melalui teks, gambar, animasi, suara, serta elemen interaktif lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Siswa diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan media PowerPoint interaktif pada materi kenampakan alam dan buatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa, dari 63,00 sebelum perlakuan menjadi 75,33 setelah penggunaan media interaktif. Selain itu, hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,035, yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis PowerPoint memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan PowerPoint interaktif dalam pembelajaran IPS tidak hanya meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa, tetapi juga memberikan dampak nyata terhadap pencapaian hasil belajar. Oleh karena itu, guru disarankan untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran guna menciptakan proses belajar yang lebih menarik, interaktif, dan mudah dipahami oleh siswa sekolah dasar.