Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur-unsur etnomatematika yang terkandung dalam permainan tradisional engklek dan mengkaji keterkaitannya sebagai media pembelajaran matematika yang kontekstual di tingkat sekolah dasar. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi konsep-konsep matematika SD—seperti operasi bilangan, pola bilangan, bangun datar, pengukuran, dan posisi ruang—yang muncul secara alami dalam struktur dan aturan permainan engklek. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan pakar permainan tradisional, ahli matematika, guru, dan siswa, serta dokumentasi dan observasi langsung saat permainan dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan engklek tidak hanya mengandung nilai budaya lokal, tetapi juga sarat dengan potensi pendidikan matematika yang dapat diterapkan dalam pembelajaran tematik di SD. Dengan modifikasi tertentu, permainan engklek dapat digunakan untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap materi matematika secara konkret, menyenangkan, dan bermakna. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi etnomatematika dalam pembelajaran, khususnya melalui permainan tradisional seperti engklek, dapat menjadi pendekatan alternatif yang efektif untuk membangun keterampilan numerasi dan karakter siswa sejak dini.