Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan karakter disiplin siswa melalui pendekatan Sekolah Ramah Anak di kelas IV SDN Bahagia 05 Kab. Bekasi. (2) Untuk mendeskripsikan kendala- kendala guru dalam mengembangkan karakter disiplin melalui Sekolah Ramah Anak di SDN Bahagia 05 Kab. Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. kesimpulan penelitian ini adalah terdapat empat peran guru dakam mengembangkan sikap disiplin melalui Sekolah Ramah Anak di SDN Bahagia 04 mengacu pada Undang-Undang Guru dan Dosen yaitu: guru sebagai pendidik, guru sebagai pelatih, guru sebagai pengembang disiplin, dan guru sebagai pembimbing. Ada tiga faktor kendala guru dalam mengembangkan karakter disiplin melalui Sekolah Ramah Anak di SDN Bahagia yaitu: keterbatasan jumlah guru, pengaruh negatif pergaulan teman sebaya, dan faktor keluarga.