Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa kelas VI SDIT Gameel Akhlaq melalui proyek rumah rangkaian listrik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa kelas VI dan satu guru IPA. Fokus analisis mengacu pada lima indikator pemahaman konsep menurut Murtiyasa & Sari (2022): Mengungkapkan kembali konsep dengan menggunakan bahasa mereka sendiri, Mengelompokkan objek sesuai dengan konsepnya, Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi, Menghubungkan antar konsep yang dipelajari, dan Mengaplikasikan konsep untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengungkapkan kembali konsep dengan menggunakan bahasa mereka sendiri, dapat mengelompokkan objek/komponen sesuai dengan konsepnya, menyajikan konsep melalui proyek dan penjelasan visual, serta menghubungkan dan menerapkan konsep listrik dalam konteks nyata. Penerapan model PjBL memberikan ruang bagi siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung dan kolaboratif, sehingga pemahaman konsep menjadi lebih bermakna.