Rendahnya hasil membaca siswa disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional dalam kegiatan pembelajaran. Faktor ini menyebabkan siswa merasa bosan, kurang semagat dalam belajar dan kurangnya memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode read aloud berbantuan buku ramah cerna terhadap keterampilan membaca permulaan kelas II SDN Bahagia 06 Bekasi Utara. Pada penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design yang dimana pada desain ini kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak dipilih secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pre-test dan postt-test), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen serta hasil independet sample T-Test, dengan menggunakan SPSS versi 26 diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak H1 diterima. Yang berarti terdapat pengaruh pengaruh metode read aloud berbantuan buku ramah cerna terhadap keterampilan membaca permulaan kelas II SDN Bahagia 06.