Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat hubungan antara pola asuh dengan motivasi belajar pada siswa SMP X Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sebanyak 154 siswa sebagai responden yang terdiri dari 72 siswa kelas VII dan 82 siswa dari kelas VIII menjadi responden pada penelitian ini, dengan probability sampling sebagai teknik sampling, dan simple random sampling sebagai jenis teknik yang digunakan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala MSLQ (Motivated Strategies for Learning Questionnaire) dan scale of parenting style dengan pengumpulan data menggunakan skala likert melalui Google Form. Pada uji normalitas menunjukkan milai signifikansi 0.058. hal ini menunjukkan bahwa p >0.05 yang berarti data dari kedua variabel berdistribusi normal. Hasil korelasi menunjukkan bahwa pola asuh dengan motivasi belajar memiliki hubungan atau berkorelasi sebesar 0,437, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh dengan motivasi belajar pada siswa di SMP X Jakarta Timur.