Perpustakaan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
Daftar Katalog Skripsi, Tesis dan LKKP

Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Pengguna Artificial Intelligence Chatgpt di SMA X

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis pada siswa pengguna Artificial Intelligence (AI) ChatGPT di SMA Negeri 03 Tambun Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, melibatkan 257 siswa sebagai sampel yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala Learning Independence Scale (LIS) dari Song & Hill (2007) dan Critical Thinking Disposition Skill (CTDS) yang dikembangkan oleh Sosu (2013) dari teori Ennis (1996). Mayoritas siswa berada pada kategori sedang untuk kedua variabel, yang menunjukkan bahwa mereka telah memiliki kemampuan dasar dalam belajar mandiri dan berpikir kritis, namun masih memerlukan bimbingan agar berkembang secara optimal. Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson antara variabel kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,233 dengan nilai signifikansi p < 0,001. Nilai ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan secara statistik antara kedua variabel. Berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi, hubungan ini termasuk dalam kategori lemah.
Ketersediaan
S11599PSI 0167 2025BekasiTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

PSI 0167 2025

Penerbit

Psikologi : .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

-

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

96 hlm

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.